Laki-Laki Yang Tak Dapat Push Up 10 Kali Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Kesehatan jantung sanggup dijaga dengan menjalankan contoh hidup yang sehat sekaligus mengusut secara berkala. Salah satu cara untuk mengecek kondisi jantung ialah dengan melaksanakan push-up. Memang tidak seakurat tes dengan elektrokardiografi (EKG) ibarat di rumah sakit. Namun push up menjadi cara paling sederhana untuk mengetahui

Seperti dilansir dari The Independent, sebuah studi menyampaikan bahwa pria paruh baya yang tidak sanggup menuntaskan 10 kali push up maka mempunyai risiko serangan jantung atau stroke yang lebih tinggi. Sedangkan yang bisa melaksanakan lebih dari 40 kali push-up dikaitkkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular selama 10 tahun ke depan sebesar 97 persen, ujar tim Universitas Harvard.

Namun, pria yang sanggup menuntaskan push-up antara 21 dan 30 berarti ia mempunyai seperempat kondisi ibarat penyakit arteri koroner atau gagal jantung.

Peserta yang bisa melaksanakan 11 atau lebih push-up pada awal telah secara signifikan mengurangi risiko kejadian penyakit kardiovaskular berikutnya,” tulis para peneliti dalam jurnal JAMA Network Open.

Ternyata kebugaran yang didapat dari push-up sanggup memicu kesehatan jantung di masa depan. Push-up sendiri dikatakan metode atau predikator terbaik untuk kesehatan jantung, dibanding dengan berlari. Kapasitas push-up juga lebih berpengaruh dibanding penyakit kardiovaskular

Temuan kami menawarkan bukti bahwa kapasitas push-up bisa menjadi metode yang gampang dan tanpa biaya untuk membantu menilai risiko penyakit kardiovaskular di hampir semua situasi,” kata penulis studi Justin Yang, dari TH Chan School of Public Health Harvard

Penelitian ini diterbitkan pada hari jumat dengan memakai data dari tes kebugaran, lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran di negara kepingan AS, Inidiada, yang terdaftar antara tahun 2000 hingga 2007 memakai catatan medis untuk menguji diagnosa penyakit kardiovaskular.

Guna menyesuaikan banyak sekali usia dan berat peserta, kelompok peneliti menemukan hubungan antara melaksanakan lebih banyak push-up atau  dengan kesehatan jangka panjang, Bung harus bisa melaksanakan 11 hingga 20 sebab bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 64 persen.

Lewat studi permata ini, memperlihatkan jikalau push-up menjadi tes yang sangat efektif untuk risio penyakit kardiovaskular dan masa depan. Meskipun begitu, para peneliti tak jumawa dengan hasil temuannya. Sehingga para hebat independen jikalau temuannya perlu diibuktikan

Studi ini memperlihatkan bahwa petugas pemadam kebakaran yang bugar mempunyai lebih sedikit kesempatan menderita serangan jantung atau stroke dalam dekade berikutnya,” Profesor Jeremy Pearson, administrator medis asosiasi di British Heart Foundation mengatakan.

“Penyempitan pembuluh darah kita dengan zat berlemak, yang pada hasilnya sanggup mengakibatkan serangan jantung dan stroke, dimulai semenjak dini, seringkali pada usia 20-an dan 30-an. Tetap bugar, berapapun usia Anda, ialah cara penting untuk mengurangi risiko Anda,” pungasknya.