Berikut 5 Penjelasan Mengapa Mobil Second Murah Harganya Terjun Bebas

Alat transportasi menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang, terlebih lagi bagi Anda yang memiliki jenis aktifitas di luar rumah, maka mempunyai kendaraan pribadi menjadi hal wajib yang harus dipenuhi. Di era modern seperti saat ini, mobil menempati urutan pertama jenis kendaraan yang paling dipilih karena dianggap mampu memberikan kenyamanan lebih dan dapat menjaga tingkat keamanan pengemudi lebih baik. Akan tetapi, bagi Anda yang terkendala tidak mau membeli mobil baru karena kondisi budget yang minim, maka dapat membeli mobil second murah sebagai solusi yang tepat.

Umumnya mobil bekas akan identik dengan rumor berbagai kekurangan dan minus pada komponen tertentu. Padahal sebenarnya, jika Anda jeli dan mampu memilih dengan benar, maka mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terjamin bukan hak yang mustahil. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti update terbaru dunia otomotif agar bisa mendapatkan seri mobil bekas terbaru yang paling banyak dicari dan menjadi favorit para pembeli.

Ada banyak faktor yang menyebabkan harga mobil bekas terjun bebas di pasar otomotif, selain karena kondisi telah digunakan oleh pemilik pertama, berikut akan kita bahas 5 penjelasan mengapa mobil bekas dijual dengan harga murah bahkan terkadang mampu tembus setengah dari harga jual mobil dalam kondisi baru, antara lain:

  1. Jarak tempuh yang telah dilalui mobil oleh pemakai sebelumnya sudah pasti akan mempengaruhi harga jual unit mobil tersebut. Oleh sebab itu, tidak heran jika pada beberapa postingan iklan mokas sering terdapat gambar odometer yang menunjukan jarak tempuh.
  2. Mobil yang dijual dalam kondisi bekas sudah pasti tidak semulus pada saat masih baru, beberapa goresan atau bahkan penyok yang terdapat pada sudut mobil tertentu juga akan memiliki pengaruh terhadap harga mobil dan menjadi lebih murah.
  3. Umumnya setiap mobil second murah akan memiliki perlengkapan peralatan masing-masing, seperti ban cadangan, dongkrak dan berbagai kunci-kunci. Keberadaan beberapa perlengkapan tersebut sebaiknya Anda jaga jangan sampai hilang atau rusak karena jika diganti tidak sesuai standar asli, maka akan menurunkan harga jual.
  4. Meskipun dianggap sama dalam melakukan perawatan maupun servis, namun jika Anda tidak melakukannya di tempat resmi atau outlet yang telah ditunjuk, maka tidak heran jika terjadi kasus penurunan harga karena berbagai alasan.
  5. Kemudian alasan terakhir mengapa mobil bekas dijual murah yaitu biasanya karena ada beberapa komponen yang sudah tidak dalam performa terbaik seperti roda tipis maupun beberapa komponen yang sudah tidak dapat digunakan secara maksimal sesuai fungsinya.

Salah satu hal penting yang sudah pasti akan sangat berpengaruh pada harga mobil bekas adalah keberadaan surat keterangan atau dokumen mobil. Nantinya, surat tersebut akan Anda gunakan sebagai identitas mobil yang menjamin keamanan dan bukti kepemilikan. Jika terdapat salah satu surat yang hilang maupun rusak, maka meskipun mobil tersebut dijual dengan harga yang murah, sebaiknya Anda mengurungkan niat dan mengganti dengan unit lain yang lengkap dokumennya.

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya mobil second murah dapat memiliki performa unggul dan diandalkan dalam setiap situasi untuk mendukung mobilitas harian. Terlebih lagi, bagi keluarga yang memiliki finansial minim, maka mobil bekas sudah pasti akan menjadi pilihan paling tepat. Akan tetapi, karena alasan tersebut bukan berarti Anda dapat memilih sembarangan pada setiap unit sebelum melakukan pengecekan, karena jika sampai salah pilih mobil justru tidak dapat digunakan dengan maksimal sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *